Friday, February 23, 2024
HomeTrending ViralWaspada Penipuan Satusehat Via Whatsapp, Modus Minta Update

Viral: Waspada Penipuan Satusehat Via Whatsapp, Modus Minta Update

Penipuan SatuSehat

Info Viral: Sobat viral, waspadalah jika menerima link yang meminta kita update aplikasi Satusehat. Sebab kini bermunculan penipuan Satusehat lewat link palsu berisi scammer atau virus Link ini dikirimkan ke whatsapp dan bertujuan mencuri password atau data pribadi pengguna.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) menjelaskan pihaknya menerima laporan adanya modus penipuan dengan cara mengirimkan link palsu atau link update SatuSehat Mobile melalui aplikasi pesan WhatsApp.

Begitu di klik, pengguna akan diarahkan mengisi sejumlah data dan informasi mengatasnamakan Kemenkes. Kemenkes membantah tidak pernah meminta update aplikasi Satusehat.

Sebaliknya Tautan dari nomor WhatsApp itu hanya mengarahkan kita untuk mencuri password atau data yang tersimpan di ponsel pengguna.

Kemenkes mengimbau masyarakat berhati-hati pada penipuan Satusehat saat menerima pesan dari nomor +6285961004844. Selain itu Kemenkes juga mendorong agar tidak membuka link tersebut.

Viral: Mudik Anti Macet, Pemerintah Buka 16 Jalan Tol Baru Lebaran 2023

Satuviral
- Advertisement -
Penipuan satusehat- Satuviral – SATUVIRAL
Penipuan satusehat- Satuviral

“Ini adalah nomor yang digunakan untuk mengirim tautan palsu. Bahkan, pengirim pesan penipuan tersebut mungkin telah menggunakan banyak nomor lain,” ujar Kemenkes melalui keterangan pers ditulis Satu Viral, Rabu (15/03)

Kemenkes menjelaskan pembaruan SatuSehat Mobile dilakukan secara otomatis atau manual melalui Play Store atau App Store. Sementara itu, nomor WhatsApp resmi Kementerian Kesehatan adalah 0811 10 500 567 dengan centang hijau.

Aplikasi SatuSehat

Aplikasi Satusehat merupakan integrasi dari aplikasi PeduliLindungi dengan sejumlah aplikasi kesehatan. Dengan integrasi ini, semua data akan berada dalam format yang sama dan dapat dipertukarkan di berbagai institusi medis.

Perubahan nama pedulilindungi mulai dilakukan sejak 1 Maret 2023. Hal itu disampaikan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI), usai peresmian Gedung Kanigara di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta Pusat, Jumat, 3 Maret 2023.

“Dengan adanya integrasi dengan SatuSehat, semua data akan memiliki format yang sama dan data dapat saling dipertukarkan,” kata Budi.
Para pengguna yang memiliki kekhawatiran lebih lanjut atau menyampaikan pengaduan bisa melalui WhatsApp di nomor 0811 10 500 567.

Selain WhatsApp, pengguna dapat mengirim email ke helpdesk@kemkes.go.id atau mengirim pesan langsung di media sosial Twitter @SatuSehat dan Instagram @satusehat_id.

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -