Tuesday, December 6, 2022
- Advertisement -
HomeHealthWaspada! ini Gejala Tumor Testis yang diidap Sebastian Haller

Viral: Waspada! ini Gejala Tumor Testis yang diidap Sebastian Haller

Dapat disembuhkan Jika ditangani Sedari Dini

Info Viral; Striker baru di Borussia Dortmund, Sebastien Haller, dikabarkan mengidap tumor testis. Mantan pemain Ajax Amsterdam itu awalnya mengeluh sakit usai latihan pada Senin pagi. Alhasil, ia dipulangkan untuk menjalani pemulihan.

“Haller mengeluh kurang enak badan setelah latihan Senin pagi,” tulis Dortmund, melalui situs resminya seperti dikutip Satu viral.

Apa itu tumor testis? Apa Perbedaannya dengan Kanker testis? Bagaimana ciri-ciri dan cara mencegahnya?

Spesialis Bedah Urologi Konsultan dari RSCM, dr Agus Rizal A H Hamid, SpU(K), PhD, menjelaskan bahwa tumor testis merupakan pembesaran benjolan di area biji kemaluan. Pembesaran ini disertai rasa nyeri. Tumor testis (seminoma), lanjut dr Agus berasal dari sel germinal atau sel yang memproduksi sperma.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Waspada, Ini Ciri-ciri Kosmetik Bermerkuri yang Berbahaya Untuk Kulit

Satuviral

“Tumor artinya semua pembesaran benjolan yang terjadi di tubuh. Bisa jinak bisa juga ganas,” tutur dr Agus Rizal seperti dikutip Satu Viral, Kamis (21/07/2022).

Sementara kanker testis adalah tumor yang bersifat ganas. Menurut dr Agus, kanker testis merupakan salah satu kanker dengan tingkat kesembuhan cukup tinggi. Asalkan diobati sejak dini.

Gejala, Penyebab dan Pengobatan Tumor Testis

Gejalanya penyakit ini jarang ditemukan karena jarang terasa. Meskipun begitu, keduanya kebanyakan menyerang pria berusia 20 sampai 36 tahun.

“Gejala tumor testis adalah pembesaran testis tanpa disertai nyeri. Kalau ganas baru disebut kanker,” sambungnya lagi.

Gejala awal yang timbul dari penyakit ini adalah munculnya benjolan pada testis. Namun tidak terasa nyeri pada awalnya. Lama kelamaan baru terasa nyeri di testis atau skrotum (kantung testis). Tanda lainnya adalah tertimbunnya cairan di skrotum.

Ciri khas gejala lainnya sakit atau pegal di area perut, pinggang, atau selangkangan. Juga terdapat perbedaan besar antara kedua sisi kantong skrotum. Adapula yang sesak nafas dan sakit perut.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Cobain 8 Tips Diet Prilly Latuconsina, Bikin Berat Badan Susah Naik

Satuviral

“Apabila keluhan ini tetap dibiarkan maka nantinya akan timbul gejala lanjutan. Seperti batuk yang terus-menerus. Terkadang disertai batuk berdarah. Ada juga timbul pembengkakan atau benjolan di leher,” jelas dr Agus.

Jika tak segera diobati, benjolan di testis semakin membesar dan mengalami perubahan warna. Jika sudah mengalami ini sebaiknya segeralah periksakan diri ke dokter. Penanganan yang tepat dapat mencegah timbulnya komplikasi.

Hingga kini tim dokter belum menemukan secara pasti penyebab utama tumor testis. Namun, ada sejumlah faktor yang bisa meningkatkan risiko terjadinya tumor. Pertama, Agus menjelaskan adalah makanan tercemar bahan kimia tinggi.

Bisa juga penderita tinggal di lingkungan yang memiliki tingkat radiasi tinggi. Faktor genetik dan stress yang tinggi juga memicu munculnya tumor ini. Gaya hidup yang tidak sehat ataupun diet yang salah juga salah satu penyebabnya.

Sayangnya sebagian besar pengidap tumor belum mau berobat sampai ia merasakan sakit atau tumor tersebut membesar. Hal ini disebabkan serta rasa malu dan tak punya uang untuk pergi berobat.

Biasanya penderita dapat diobati dengan kemoterapi dan/atau radiasi. Namun untuk beberapa kasus dapat juga dilakukan pembedahan. Terapi radiasi bertujuan untuk menghancurkan sel-sel kanker dengan menggunakan sinar radiasi tinggi. Sementara kemoterapi adalah pemberian obat antikanker untuk membunuh sel-sel kanker.

Namun jika kanker sudah menyebar meluas maka dokter bisa melakukan upaya pembedahan. Tindakan pembedahan (Orkiektomi) adalah operasi pengangkatan testis yang terkena kanker. Bisa juga melakukan pengangkatan kelenjar getah bening.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Find us on Social Media

   
Facebook SatuViral
   
Twitter SatuViral
Youtube Channel SatuViral
   
Tiktok SatuViral
   
Pinterest SatuViral
LinkedIn SatuViral
   
Medium SatuViral
   
Vimeo SatuViral

Popular Categories

Ads on Satuviral

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com