Monday, March 4, 2024
HomeTrending ViralWayan Koster Larang Atlet Israel di World Beach Games, Kompetisi Terancam Batal?

Viral: Wayan Koster Larang Atlet Israel di World Beach Games, Kompetisi Terancam Batal?

Alasan Wayan Koster Larang Atlet Israel Ikut World Beach Games

Info Viral: Gubernur Bali I Wayan Koster melarang atlet Israel berpartisipasi dalam kompetisi ANOC World Beach Games 2023 di Bali. Acara itu bakal berlangsung dari 5-12 Agustus di Bali. Apakah acara tersebut terancam dibatalkan seperti Piala Dunia U 20?.

Penolakan ini adalah kali kedua. Sebelumnya Wayan Koster tidak mengizinkan atlet Israel mengikuti perlombaan dalam kompetisi sepak bola, Piala Dunia U 20.

Wayan Koster menjelaskan alasan penolakan itu karena tidak sesuai dengan Undang-undang serta Peraturan Kemanterian Luar Negeri. Dalam Peraturan Luar Negeri No. 3 Tahun 2019 diatur tidak diperbolehkan menyanyikan lagu kebangsaan (Israel).

“Jadi saya tetap menolak kehadiran Israel di Bali. Termasuk keikutsertaan dalam ANOC World Beach Games mendatang,” kata Wayan Koster kepada media seperti ditulis Satu Viral, Kamis (06/04).

Penolakan Koster pada atlet Israel di Piala Dunia U 20 berbuntut panjang. Selain pembatalan undian Piala Dunia U-20 2023 oleh FIFA, hak Indonesia sebagai tuan rumah juga dibatalkan oleh FIFA.

Viral: Video Salat Tarawih di Kapal, Lawan Ombak dan Susahnya Seimbangkan Tubuh

Satuviral

Sekarang nasib World Beach Games 2023 yang hanya berjarak empat bulan lagi juga menjadi tanda tanya.

Catatan Pelarangan Israel dalam Kompetisi di Indonesia

Terkait pernyataan Koster, sesuai dengan Perda Luar Negeri Nomor 3 Tahun 2019, kontingen Israel diminta tidak menggunakan bendera dan menyanyikan lagu kebangsaan.

Kondisi tersebut digunakan untuk Piala Dunia Senapan dan Tembak Pistol ISSF 2023 yang digelar di Jakarta Januari-Februari lalu. Dalam turnamen tersebut, penyelenggara menerima atlet Israel dengan syarat tidak menggunakan bendera dan menyanyikan lagu kebangsaan.

Jika delegasi Israel menerima syarat tersebut dan mendapat izin dari Association of National Olympic Committees (ANOC) dan International Commission on Sport (IOC), bukan tidak mungkin atlet Israel dapat mengikuti World Beach Games 2023.

Viral: Belajar dari Pengalaman, Pemda Bali Enggan Gegabah Tolak Israel di World Beach Games 2023

Satuviral
wayan koster World Beach Games- Satuviral – SATUVIRAL
wayan koster World Beach Games- Satuviral

Hanya saja, jika pihak-pihak tersebut tidak setuju dan pemerintah daerah tetap menolak, kemungkinan World Beach Games 2023 batal digelar.

Sayangnya, kondisi ini tidak berlaku untuk Piala Dunia U-20 2023. FIFA yang menginginkan semua anggota dan peserta acara setara, tidak mengizinkan syarat tertentu untuk Piala Dunia U-20 2023.

“Kami sangat menyayangkan ternyata syarat atau ketentuan yang kami ajukan ke FIFA tidak disetujui,” kata Muhajar Effendi saat masih mewakili Menpora akhir Maret lalu.

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -