Monday, January 30, 2023
- Advertisement -
HomeDestinationWisata Religi di Masjid Al Jabbar yang Kolamnya Jadi Tempat Renang

Viral: Wisata Religi di Masjid Al Jabbar yang Kolamnya Jadi Tempat Renang

Wisata Religi di Masjid Al Jabbar

Info Viral: Masjid Raya Al Jabbar di Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat, menjadi sorotan usai viral di media sosial setelah kolam renang di masjid itu dijadikan tempat bermain anak-anak.

Akibat membludaknya wisatawan, banyak sampah berserakan di sekitar masjid yang baru diresmikan 30 Desember 2022 itu.

Ada yang datang untuk wisata religi, namun ada pula yang penasaran ingin melihat masjid rancangan Ridwan Kamil dengan segala kemegahannya.

Wisata Religi di Masjid Al Jabbar - Satuviral – SATUVIRAL

Bangunan Klasik Gramedia di Solo Bikin Takjub

Satuviral

Kejadian anak-anak bermain dan berenang di kolam renang milik Masjid Al Jabbar sendiri terjadi pada Minggu (1/1), saat itu hari libur dan ramai dikunjungi wisatawan.

Ridwan Kamil yang menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat sekaligus Ketua DKM Masjid Raya Al-Jabbar, melihat peristiwa itu wajar namun tidak akan tinggal diam menyikapi persoalan tersebut.

“Satu, ini hal baru. Dua, ramai sekali, lebih baik ramai sekali daripada tidak ramai. Ini masalahnya karena ramai sekali, makanya tadi dirapatkan, diperbaiki akan ada papan pengumuman,” kata Ridwan Kamil di Gedung Sate, Bandung, Selasa (3/1)

“Bakal ada woro-woro pasukan agar tidak buang sampah sembarangan dan tidak main air di tempat yang bukan seharusnya. PKL (liar) ditertibkan, kampanye kebersihan dan lain-lain,” tambah pria yang akrab disapa Kang Emil ini.

Ikon Baru Kota Bandung

Masjid Al Jabbar kini menjadi landmark baru di Kota Bandung. Tak heran jika banyak warga yang ingin mengunjungi rumah ibadah secara langsung, mengingat Jawa Barat mayoritas beragama Islam.

Masjid Al Jabbar berdiri kokoh di tengah kolam retensi, sehingga akan tampak seperti mengapung di atas danau ketika air kolam mencapai batas permukaan.

Masjid ini juga memiliki empat menara, yang tertinggi setinggi 99 meter.

Di lantai dasar masjid ini terdapat museum seluas 11.238,20 meter persegi. Masjid Raya Al Jabbar sendiri memiliki luas total 21.799,20 meter persegi. Pembangunan masjid menelan biaya sekitar 1 triliun rupiah.

Wisata Religi di Masjid Al Jabbar - Satuviral – SATUVIRAL

Tips Aman Liburan Saat Cuaca Ekstrem

Satuviral

Fasilitasnya Bikin Terkesan

Wisata religi di masjid ini akan membuat Anda terkesan karena fasilitasnya. Masjid Al Jabbar memiliki beberapa fasilitas antara lain alun-alun, koridor, musala mezzanine dan mushola utama.

“Paling mencuri perhatian adalah adanya museum Nabi, kemudian masyarakat juga dapat menikmati taman yang bisa dijadikan lokasi wisata religi. Belum ada yang seperti ini, baik eksterior maupun interior, karpet saja dari Turki,” jelas Sekretaris Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jawa Barat, Iwan Suwanagiri.

Yang istimewa dari tempat ini adalah fasad Masjid Al Jabbar yang terbuat dari kaca yang disusun dengan sisik ikan.

Jumlah kaca yang dibutuhkan mencapai 6136 buah. Masjid ini didesain berukuran 99 x 99 meter tanpa tiang.

Luas Mencapai 26 Hektare

Masjid Raya Jabbar sendiri memiliki luas perencanaan 26 hektar dan luas lahan pembangunan 2,9 hektar.

Sedangkan luas tambak atau danau mencapai 6.930 hektare, dan luas alun-alun, tempat parkir, dan area hijau mencapai 11.163 hektare.

Masjid ini dapat menampung hingga 33.000 jamaah. Mengusung nama Al Jabbar yang berasal dari salah satu Asmaul Husna yang berarti perkasa, Ridwan Kamil berharap konsep desain masjid ini secara ilmiah dapat mengembalikan kejayaan Islam.

Yakin masih mau ganti platform berita? Sini aja dengan Satuviral. Biar kamu dapat info menarik dan breaking news soal berita viral, gosip viral, artis viral dan info terkini di Satu Viral.

Popular Categories

Ads on Satuviral