Advertisement
Wednesday, September 28, 2022
HomeKulinerWow, Resto ini Sajikan Kuliner Ayam Tangkap Sambal Ganja

Wow, Resto ini Sajikan Kuliner Ayam Tangkap Sambal Ganja

Sambal Ganja Bikin Ketagihan

Wiskul viral; Sobat Viral weekend ini sudah punya plan jalan-jalan kemana? Coba aja wisata kuliner Ayam tangkap sambel ganja khas Aceh di resto Kanabu. Restoran yang berlokasi di Bendungan Hilir, Jakarta Pusat ini menyajikan segala masakan khas Tanah rencong.

Nama Kanabu Diambil dari bahasa Aceh, “Kana” yang artinya “sudah tersedia” dan “bu” yang berarti “nasi”. Sajian utama dan favorit disini adalah ayam tangkap dengan sambal ganja dan gulai kambing.

Manajer Restoran Teuku Fitriansyah menjelaskan kehadiran restoran ini untuk memenuhi kerinduan para perantau Aceh yang ingin makanan kampung halamannya. JUga untuk masyarakat Jakarta dan sekitar yang ingin mencicipi masakan nusantara yang berbeda. Sebab selama ini makanan Aceh yang baru terkenal di Jakarta hanya Mie Aceh.

“Kami ingin memperkenalkan masakan Aceh yang begitu beragam ke masyarakat Indonesia. Biar pada tahu kalau Aceh tidak hanya identik dengan Mie atau Gulai ayamnya saja,” ujar Fitriansyah pada Satu Viral, seperti ditulis Jumat, (23/09/2022).

Intip Serunya Bule Makan Gorengan di Warteg Kekinian Jerman

Satuviral

Menu ayam tangkap terbuat dari ayam kampung jantan dengan daging empuk yang digoreng dengan daun-daunan tradisional. Daun yang dipakai adalah daun Koja atau temurui, daun pandan dan aneka bumbu rempah khas Aceh.

Daging ayam terlihat “tenggelam” di bawah daun. Sehingga konsumen harus “menangkap” alias mencari daging ayam dari tumpukan daun goreng. Namun, potongan ayam yang ditangkap di restoran ini cukup besar, satu ekor dibagi menjadi empat bagian, sehingga tidak sulit menemukannya di antara daun koja dan daun pandan.

Makan potongan ayam yang ditangkap lebih nikmat lagi sambil mencocol sambal ganja. Eits, ini bukan ganja obat terlarang itu ya. Tapi memang nama sebuah sambal khas Aceh. Sambal Ganja adalah campuran cabai dengan udang kecil, bintang laut wuluh, serai, daun jeruk.

“Rasanya rasa gurih dan sedikit asam. Sambalnya dapat membuat ketagihan siapapun yang makan. Makanya disebut “sambal ganja” terang dia.

Kari Kambing Rempah-Rempah

JIka kamu belum puas makan ayam, bisa mencoba menu kari kambing. Kari disini terbuat dari potongan besar daging tanpa tulang. Uniknya dagingnya dimasak dalam wajan raksasa berkapasitas 30-40 kilogram. Satu kali masak bisa untuk sekitar 300-400 porsi. Enaknya lagi kari ini dibuat dengan 20 macam bumbu yang membuatnya terasa penuh dengan rempah-rempah.

Seruput Segarnya Es Dawet Jembut Kecabut Purwerejo

Satuviral

Kanabu menawarkan berbagai menu khas Aceh lainnya. Di samping kari kambing, ayam tangkap, dan sambal ganja, Kanabu menawarkan daging tangkap, kari bebek, dan ikan kayu (keumamah).

“Kami memilih lokasi di area Bendungan Gilir agar bisa menjadi pilihan untuk keluarga yang tinggal di area perumahan. Bisa juga untuk para pekerja kantoran yang biasanya senang untuk makan siang bersama sebagai hiburan penat dari rutinitas kantor,” ungkap Teuku.

Harga satu potong ayam tangkap di Kanabu Resto Rp 35.000, sementara seporsi kari kambing yang dagingnya lumayan banyak dihargai Rp 45.000. Selain bersantap, pengunjung juga dapat berfoto di anjungan foto dengan berpakaian pengantin ala Aceh di restoran ini.

Makanan khas Aceh di Kanabu bisa dicicipi mulai Senin (15/8/2022). Kanabu melayani di hari Sabtu sampai Kamis mulai pukul 10.00 sampai 22.00 WIB.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Related Articles

Advertisement

Stay Connected

0FansLike
14,607FollowersFollow
1FollowersFollow
0FollowersFollow
285FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Advertisement

Advertisement

Popular Categories

Advertisement